Dinkes Bantaeng Optimis Capaian Vaksin Akhir Desember Mampu Tembus 70 Persen 

81
KEBUT VAKSIN. Bupati Bantaeng, DR. Ilham Syah Azikin, kerap turun langsung ke lapangan untuk memberi dukungan semangat para petugas kesehatan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya vaksin. Upaya inipun terus dilakukan Pemkab Bantaeng dalam rangka kebut vaksin agar terbentuk herd immunity hingga 70 persen di daerah ini.

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus menggenjot percepatan vaksinasi di seluruh wilayahnya. Hingga saat ini, Dinas Kesehaten (Dinkes) Bantaeng berhasil mencatat persentase jumlah warga yang telah menjalani vaksin hingga 57 persen atau naik cukup signifikan dari sebelumnya hanya berkisar 32 persen.

Kepala Dinkes Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, M.Kes, mengatakan capaian 57 persen warga yang telah menjalani vaksin merupakan peningkatan cukup bagus. Dengan capaian tersebut Kabupaten Bantaeng mampu menduduki urutan ke 16 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel dari sebelumnya nyaris di nomor buntut.

“Meski begitu kami masih akan terus mengoptimalkan capaian vaksin hingga akhir Desember 2021 yang tersisa sekitar 10 hari kedepan. Kita berupaya petugas mampu mencapai 70 persen akhir bulan ini. Upaya tersebut dilakukan karena masih ada desa maupun kelurahan yang capaiannya masih di bawah 50 persen,” jelas Kepala Dinkes, Senin (20/12/2021) di ruang kerjanya.

Dikatakan, vaksinasi dengan jumlah disparitas atau perbedaan yang masih tinggi memang dibutuhkan percepatan-percepatan. Olehnya, dengan dukungan penuh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin,
pihaknya terus bergerak melakukan percepatan vaksinasi. Bahkan selama beberapa pekan Bupati intens memantau bahkan turun langsung melihat pelaksanaan vaksinasi di daerah ini.

“Upaya ini dilakukan Bupati Bantaeng semata-mata mengharapkan agar herd immunity (kekebalan tubuh) masyarakat dapat terwujud. Untuk itu, saya sampaikan kepada kawan-kawan petugas kesehatan agar tidak kendor dan tetap semangat kebut vaksin hingga akhir Desember,” tutur dokter murah senyum ini.

Selain itu, pihaknya juga tak lupa menghaturkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya khususnya kepada aparat TNI-POLRI yang begitu semangat membantu dan membackup program pemerintah dalam mensukseskan kebut vaksin ini. “Jika nantinya target 70 persen mampu dicapai Desember ini, Insya Allah Kabupaten Bantaeng diperkirakan masuk nominasi 5 besar di Sulsel,” kata dr. Andi Ihsan.

Kadis Kesehatan juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar tetap mengenakan masker. Bahkan, di seluruh tempat publik hendaknya ketaatan protokol kesehatan tetap diperhatikan. Jadi edukasinya tetap mengingatkan warga agar tetap kedepankan protokol kesehatan sambil vaksinnya digenjot terus menerus.

“Untuk mewujudkan target 70 persen, tentu dibutuhkan penekanan dan inovasi setiap petugas, karena waktu dan sasaran vaksi tersisa semakin dekat. Dengan begitu, strategi jemput bola harus dilaksanakan secara simultan,” tutupnya. (ali/asa)