Terpilih Aklamasi Periode Kedua, Andi Ugi Selektif Tetapkan Caleg PPP Bantaeng

542
Dra. Hj. Andi Sugiarti Mangun Karim, Ketua DPC PPP Bantaeng Periode 2021-2026.

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Srikandi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan yang juga anggota DPRD Sulsel, Dra. Hj. A. Sugiarti Mangun Karim (Andi Ugi), kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC PPP Bantaeng untuk periode kedua pada agenda musyawarah cabang (muscab) ke VIII, Ahad (26/9/2021) malam di Hotel Kirei Bantaeng.

Keputusan itu diambil setelah seluruh PAC di Bantaeng yang berjumlah 8 secara kompak mengusung Andi Ugi sebagai calon tunggal Ketua DPC PPP Bantaeng.

Salah seorang anggota tim formatur, Jabal Arafah mengatakan, pada muscab ini ada 11 pemilik suara yakni, 8 dari PAC, kemudian DPP, DPW serta DPC masing-masing 1 suara. Muscab tersebut dilakukan lewat sistim formatur sehingga suara dari 8 PAC hanya diwakilkan 2 PAC.

“Lewat tim formatur yang berjumlah 5 orang, secara aklamasi menunjuk Andi Sugiarti Mangun Karim untuk ditetapkan sebagai ketua DPC PPP Bantaeng.

Dikatakan, dengan hasil muscab ke VIII DPC PPP Bantaeng ini, Andi Ugi kembali memimpin partai berlambang Ka’bah untuk periode kedua 2021-2026 di Butta Toa. Sedangkan untuk penyusunan komposisi pengurus, DPW PPP Sulsel memberikan waktu 20 hari ke depan untuk melengkapi pengurus baru.

“Terimakasih atas segala kekurangan kami, namun begitu seluruh PAC di daerah ini secara bulat mengajukan saya sebagai calon tunggal lewat mekanisme tim formatur untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Ketua,” kata Andi Ugi kepada awak media.

Andi Ugi menargetkan, dengan masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan PPP Bantaeng akan kembali berjaya dan memenangkan pemilu 2024 dengan meraih minimal 7 kursi di parlemen. Kepada seluruh kader PPP maupun segenap anggota DPRD Bantaeng juga diminta untuk senantiasa berkoalisi dengan rakyat.

“PPP harus semakin banyak kadernya. Begitu juga legislator yang ada sekarang harus berkolisi dengan rakyat. Saya minta seluruh anggota legislatif untuk menjadikan PPP sebagai partai advokasi. Sehingga partai ini akan banyak mengadvokasi isu-isu menyangkut kepentingan rakyat,” pintanya.

Terkait daftar caleg, DPC PPP Bantaeng akan sangat selektif dalam menyeleksi para bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu 2024. Upaya ini ditunjang dengan performa PPP yang sangat baik selama ini di masyarakat dan jangan sampai dirusak ulah politisi oportunis.

Mesti diakui, PPP Bantaeng juga menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan performa dan citra yang sudah sangat baik di masyarakat. Perkembangan PPP sangat pesat, bahkan infrastruktur pengurus maupun calegnya sudah sangat lengkap hingga pelosok desa.

“Popularitas seorang caleg tidak serta merta membuat elektabilitas parpol terangkat. Karena itu, PPP juga butuh figur-figur yang mampu menarik elektabilitas di tingkat lokal dengan mengandalkan kemampuan personal figur caleg. Tentunya PPP Bantaeng juga telah mengakomodasi tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda yang memiliki basis massa di tingkat lokal,” jelasnya.

Andi Ugi juga menyebutkan, caleg yang baik itu ketika dalam orasinya ia mengungkapkan dari hati dengan niat membesarkan partai, sebab setelah menjadi caleg maka ia sudah selesai dengan masalah pribadinya. Sebaliknya mengedepankan kebesaran partai.

Pemilu, kata dia, adalah kompetisi berebut kursi. Kursi itu ya kekuasaan. Penentunya ya masyarakat. Maka dituntut caleg sebagai pengabdi masyarakat, cerdas dan kaya literasi.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh caleg bahwa PPP tidak mengenal istilah caleg dengan fasilitas karpet merah alias mendapat perlakuan khusus.

“Tapi, semua caleg sama di mata partai. Kita akan lihat siapa figur caleg yang betul-betul bekerja dan ditunjang dengan kemampuan yang berbanding lurus popularitas dan elektabilitasnya. Itu bisa diraih dengan kemampuan personal caleg,” tandasnya. (ali/asa)