Ratusan Mahasiswa UMI Cabang Bantaeng Mulai Ikuti Perkuliahan, Rencana Bangun 5 Gedung Fakultas Senilai Rp43 M

587

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Pendaftaran mahasiswa baru (Maba) Universitas Muslim Indonesia (UMI) cabang Bantaeng yang ditutup sejak, Jumat 20 Agustus 2021, sedikitnya 200 lebih calon maba telah terdaftar baik gelombang pertama maupun gelombang kedua. Jumlah tersebut akan menempati lima fakultas yang dibuka yakni, Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Ilmu Komputer dan Fakultas Tarbiyah.

Demikain dikemukakan Wakil Ketua Pengelola UMI Cabang Bantaeng, A. Ismail Kurniawan Manrang, SE, MM. Menurut dia, jumlah maba yang telah mendaftarkan diri hingga pendaftaran gelombang kedua ditutup, jumlah pendaftar mencapai lebih 200 orang dan akan menempati lima fakultas atau jurusan.

“Jika mengacu pada pada jadwal yang dikeluarkan UMI, maka perkuliahan rencana dimulai hari ini Senin, 23 Agustus 2021. Sedangkan lokasi perkuliahan untuk sementara menggunakan gedung SMA PGRI Bantaeng yang terletak di jalan lingkar yang tidak jauh dari kantor KPU Bantaeng,” ungkap Andi Ismail, belum lama ini di kantor Bupati Bantaeng.

Dia menjelaskan, seluruh mahasiswa yang dinyatakan diterima menjadi mahasiswa UMI Cabang Bantaeng dan melaksanakan kegiatan perkuliahan, mereka wajib mengikuti kegiatan kepesantrenan selama sepekan.

“Seluruh maba akan di pesantrenkan selama satu pekan. Untuk pendaftar gelombang pertama sudah masuk pesantren sedangkan gelombang kedua menyusul. Kegiatan kepesantrenan ini di pusatkan di Ponpes Padang Lampe Kabupaten Pangkep,” jelasnya.

Disebutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengurusan akte hibah dari Pemkab terkait lokasi gedung kampus perkuliahan yang rencananya terletak di samping kantor Satpol PP Bantaeng dengan luas areal sekitar 2 hektare.

Setelah dilakukan pembebasan lahan, bebernya, selanjutnya akan dibanguni 5 gedung kampus untuk lima fakultas dengan anggaran mencapai Rp43 miliar dari Universitas Muslim Indonesia.

Dia menambahkan, setelah melihat prospek kedepan terkait perkembangan pendidikan di Bantaeng, pihak UMI mempercayakan pengelola perguruan tinggi di Bantaeng untuk mengelola 14 fakultas termasuk didalamnya fakultas kedokteran.

Ke-14 fakultas di UMI tersebut adalah, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Hukum, Ekonomi, Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Fakultas Agama Islam, Kedokteran, Sastra, Tehnik, Ilmu Komputer, Tekhnologi Informasi, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Pasca Sarjana

“Alhamdulillah, dari 14 Fakultas yang akan dikelola UMI cabang Bantaeng, sebanyak 11 fakultas terisi dan diminati para pelajar yang melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi,” pungkasnya. (alb/asa)