Peringati Harganas, Dinas PPKB Bantaeng Targetkan 900an Akseptor Baru

68 views

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantaeng ditargetkan pelayanan kepada 908 akseptor KB dari berbagai jenis alat kontrasepsi​​​​​​saat pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), 24 Juni 2021.

Menurut Kepala Bidang KB, Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB Bantaeng, Sahruddin Dg. Rido, S.Sos, MM, pada peringatan Harganas yang akan dilakukan secara serentak se-Indonesia dilaksanakan pelayanan KB gratis dengan target layanan sejuta akseptor.

“Dari jumlah itu, Kabupaten Bantaeng kebagian melayani 908 akseptor secara gratis,” ujar Kepala Bidang KB, Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB Bantaeng, Kamis (10/6/2021).

Rincian dari target 908 akseptor yang dilayani itu terdiri atas pemasangan kontrasepsi IUD sebanyak 12 orang, implant 127, suntik 213, pil sebanyak 517, kondom sebanyak 36 orang, MOW 2 dan MOP 1 orang.

Rido menuturkan, layanan KB gratis dalam rangka Harganas XXVIII tahun 2021 ini dilakukan melalui kerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bantaeng karena lembaga ini telah berpengalaman dan memiliki jaringan bukan hanya di tingkat kabupaten/kota, tapi juga hingga ke desa-desa. Selain itu juga melibat aparat TNI serta Dinas Kesehatan.

Untuk itu, melalui kerja sama dan sinergitas yang sudah terbangun ini, diharapkan layanan KB gratis dalam rangkaian peringatan Harganas 2021 ini bukan hanya menyasar warga di perkotaan, tapi juga penduduk di pedesaan.

“Jadi Dinas PPKB melalui penyuluh atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) akan menggerakkan calon akseptor di masing-masing wilayah tugasnya dibantu aparat TNI, kemudian bidan yang akan memberikan pelayanan KB,” terangnya.

Sangat diharapkan, imbuhnya, semoga target akseptor yang terlayani pada 24 Juni se-Bantaeng sebanyak 908 akseptor ini bisa terpenuhi atau melampau target lebih bagus. (alb/asa)