Libur Lebaran, RSUD Prof Anwar Makkatutu Siaga 24 Jam

46 views

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Wakil Direktur RSUD Prof. Anwar Makkatutu, dr. Sultan, menyatakan tetap membuka layanan seperti biasa dan siaga selama 24 jam dengan jadwal piket jaga tiga shift pagi, sore dan malam. Termasuk siap melayani masyarakat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Ini dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat saat Lebaran Idul Fitri 1442 H.

Menurut Wakil Direktur RSUD Anwar Makkatutu, dr Sultan, M.Kes, Bagaimana pun RSUD merupakan unit pelayanan bagi masyarakat yang dibutuhkan sehingga tidak ada istilah libur, meskipun saat Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk itu, warga yang ingin berobat ke RSUD tidak perlu khawatir karena setiap hari kita selalu siaga 24 jam,” kata dr. Sultan, Rabu (12/5/2022).

Untuk melayani masyarakat, IGD siaga 24 jam dengan tim medis yang selalu siaga sesuai jadwal piket shift. Hal itu dilakukan agar pelayanan kesehatan tetap berjalan optimal. Begitu juga jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Namanya musibah tidak pantang waktu. Karena itu kami instruksikan agar tenaga medis IGD selalu siaga penuh,” terangmya.

Selain itu, pihak rumah sakit juga tetap
melayani pasien yang mengalami Diare dan Hipertensi yang merupakan jenis penyakit kerap menjadi langganan setiap lebaran. Serta tetap membuka layanan Poli Gigi, Poli Penyakit dalam (Internis) dan Poli Kandungan.

“Kami telah mempersiapkan seluruh kebutuhan, baik alat kesehatan maupun bahan habis pakai. Ini sebagai antisipasi lonjakan pasien pasca lebaran,” jelas dr. Sultan.

Dikatakan, meskipun saat ini tidak ada pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit, tapi sebagai langkah antisipasi pihaknya selalu siaga dan menyiapkan segala sesuatunya termasuk ruang perawatan jika ada pasien virus Corona.

“Ini sebagai upaya optimalisasi seluruh tenaga medis yang stand by 24 jam dengan sistim 3 sip menghadapi libur lebaran, termasuk perawat non muslim juga disiagakan,” ungkapnya.

Terkait stok obat-obatan, lanjutnya, tercukupi. Ini juga didukung dengan layanan penunjang seperti laboratorium, radiologi, CSSD atau sterelisasi alat kesehatan dan instalasi gizi.

Hanya saja, imbuhnya, saat ini pihak rumah sakit mengalami kendala karena kekurangan stok darah pasca dilakukan vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu. (alb/asa)