Hari Buruh 2021, Mahasiswa Makassar Aksi Tolak UU Omnibus Law

61 views
Serikat Aktivis Indonesia (SAKTI) yang tergabung dalam aliansi beberapa organisasi pergerakan lainnya, melakukan aksi di Jl. Sultan Alauddin Makassar, Sabtu (01/05/2021)||

KABARNUANSA.id, MAKASSAR – Ratusan Mahasiswa Makassar yang tergabung dari beberapa aliansi menggelar unjuk rasa dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional. Massa demonstran kembali menyuarakan pencabutan Undang-undang Omnibus law yang sudah ditetapkan belum lama ini.

Serikat Aktivis Indonesia (SAKTI) yang tergabung dalam aliansi beberapa organisasi pergerakan lainnya, melakukan aksi di Jl. Sultan Alauddin Makassar, Sabtu (01/05/2021).

Dalam aksinya membawa beberapa Tuntutan diantaranya.
1. Cabut UU Omnibus law
2. Hentikan PHK secara sepihak
3. Naikkan Gaji buruh
4. Berikan hak hak buruh perempuan

Aksi ini juga membuat lalulintas tersendak karena menggunakan separuh ruas jalan (Makassar-Gowa)

Ketua SAKTI, Akram Nika mengatakan bahwa alasan dilakukannya aksi ini agar pemerintah dapat melihat dan mengevaluasi apa yang menjadi promblematika buruh di lapangan, terlebih lagi di masa sulit transisi New Normal.

“Dalam momentum Hari Buruh ini bagaimana agar pemerintah melihat problematika yang dihadapi buruh itu sendiri, seperti PHK sepihak, Upah yang minim, dan lain sebagainya terlebih di masa transisi New normal,” tegas Rala (sapaan akrabnya)

Kemudian Rala berharap agar momentum hari buruh ini membuat teman teman seperjuangan lebih peka terhadap persoalan Buruh yang ada.

“Kami juga berharap May Day ini membuat teman teman seperjuangan lebih peka terhadap masalah yang dihadapi buruh untuk terus diperjuangkan dan bagaimana melihat Buruh Indonesia itu sejahtera,” harapnya.