Didampingi Ketua DPRD, Bupati Bantaeng Resmikan PAMSIMAS III HID 2020 di Desa Bonto Tallasa

185 views
Bupati Bantaeng, H. Ilham Asikin meresmikan Pamsimas

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Bupati Bantaeng, H. Ilham Syah Azikin meresmikan Pelaksanaan Uji Fungsi dan Serah Terima Program Sistim penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) yang merupakan kegiatan Program PAMSIMAS III HID tahun anggaran 2020 Kabupaten Bantaeng di Desa Bonto Tallasa Kecamatan Uluere, Rabu (30/12/2020).

Peresmian tersebut dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Sulsel, Dr Ir H. Ahmad Asiri, Ketua DPRD Bantaeng Hamzah Ahmad, Kepala Desa Bonto Tallasa serta sejumlah pejabat lainnya dan masyarakat setempat.

Bupati Bantaeng mengatakan, program PAMSIMAS III HID 2020 yang dilaksankan di daerah ini, dirasa sangat bermanfaat untuk menunjang kebutuhan air bersih dan kesehatan masyarakat khususnya di pedesaan.

“Sebagai Pemerintah daerah merasa bangga dengan kehadiran program PAMSIMAS yang dapat menyentuh langsung terhadap kebutuhan dasar tentang air bersih bagi masyarakat,” ujar Ilham Azikin.

Untuk itu Bupati berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara aset tersebut demi kelangsungan dan keberlanjutan program air untuk kehidupan.

“Tentunya diharapkan ada semacam pendampingan bagi masyarakat agar apa yang sudah ada dapat terus terjaga dan dikembangkan. Lebih penting lagi dibutuhkan kesadaran warga untuk sama-sama menjaga bangunan yang menjadi aset di desa ini,” pintanya.


Senada dengan itu, Ketua DPRD Bantaeng Hamzah Ahmad, juga mengharapkan warga dapat memacu kreatifitasnya dan berinovasi dalam menggiatkan perannya dalam pembangunan di desanya.

“Jika memang dibolehkan maka dengan adanya SPAM ini, dapat dimanfaatkan menjadi salah satu usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Dengan mengalirkan air kran siap minum di semua saluran rumah tangga,” ujar Ketua DPRD.

Hamzah juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam dan potensi yang ada di Desa ini. Jaga seluruh fasilitas dan aset yang ada demi kemajuan Desa Bonto Tallasa.

“Intinya melalui program pemerintah ini dapat menjadi pemacu semangat warga untuk menggali potensi dan usaha yang ada di desa,” pungkasnya.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman, H. Ahmad Asiri, PAMSIMAS sudah melaksanakan program ini didua tempat yakni Dusun Batu Sodo serta Dusun Bungloe.

“Kedua kegiatan ini sudah diserahkan ke pemerintah daerah. Upaya ini bisa terlaksana atas kerjasama masyarakat, Pemerintah Desa serta dukungan Pemkab Bantaeng,” kata dia.

Pihaknya juga meminta dan berpesan kepada masyarakat agar program kegiatan dapat berjalan dengan baik serta memelihara infrastruktur yang ada di desa ini. (alb/asa)