Haturkan Terimakasih Telaksananya Pelatihan Kopi dan Perempuan, Bupati Support Festival Kopi Bantaeng 2021

108 views

KABARNUANSA.ID, BANTAENG – Bupati Bantaeng Dr. Ilhamsyah Azikin, MSi, menghaturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada semua komunitas atau lembaga yang telah melaksanakan pelatihan Kopi dan Perempuan yang dilaksanakan di Sentra Kopi Banyorang Kecamatan Tompobulu Bantaeng.

“Terima kasih kepada sejumlah komunitas yang menggelar pelatihan calon Barista Kopi dengan tema Kopi dan Perempuan. Saya pikir apa yang dilakukan komunitas itu, mereka mampu dan sangat jeli melihat potensi perkebunan yang ada disekitar kita,” ungkap Bupati disela-sela kunjungan anggota DPR RI, Hj. Aliyah Mustika Ilham saat meninjau kegiatan rabat beton di Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu, Jumat (27/11/2020).

Menurut Bupati, kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (TKP) Bantaeng sangat bermanfaat bagi masyarakat serta generasi muda.

Sebab lewat pelatihan meracik kopi, akan bermanfaat yang bertujuan menambah wawasan dan keterampilan sebagai Barista. Tentunya ini akan menjadi energi baru dalam hal penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat. Apalagi Kopi tidak hanya menjadi kebutuhan lokal tapi sudah menjadi kebutuhan pasar dunia.

“Tinggal bagaimana teman-teman komunitas termasuk pemeritah mencermati kondisi ini agar mampu melahirkan inovasi dan membuat sesuatu yang bisa mengangkat citra potensi kopi lokal Bantaeng,” jelas Ilham Azikin.

Makanya, lanjut Bupati, lewat ruang kegiatan yang dilaksanakan komunitas lembaga seperti Balang Institute, LSM Yapenak, Koperasi Akar Tani dan Beranda Komunitas yang di backup pemerintah daerah, itu merupakan sesuatu yang sangat diharapkan agar kegiatan dapat terus berkelanjutan.

Dengan begitu, sasaran yang ingin dicapai selain mengajak masyarakat terutama kaum perempuan untuk dapat mengenali potensi dirinya serta daerahnya.

“Tujuan akhirnya adalah bermuara pada peningkatan ekonomi kerakyatan khususnya petani kopi. Sebab mereka akan dapat lebih mengenal potensi daerah yang bernilai ekonomis,” paparnya.

Untuk itu, mantan Ketua KNPI Sulsel ini sangat mensupport rencana kegiatan yang dirancang Dinas TKP Bantaeng yakni Festival Kopi Bantaeng 2021. Tentunya kegiatan ini sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan potensi Kopi yang berasal dari perkebunan lokal Bantaeng.

Namun begitu, Bupati berharap sebelum kegiatan dilaksanakan sebaiknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait penanganan covid-19. “Karena persoalan covid-19 ini masih menjadi perhatian pemerintah dan semua pihak,” pungkasnya. (alb/asa)