Dinas TKP Bantaeng Gagas Festival Kopi 2021

110 views

KABARNUANSA.ID, BANTAENG –Pemerintah Kabupaten Bantaeng berencana menggelar Festival Kopi Bantaeng (Bantaeng Coffee Festival). yang akan digelar pada 2021 mendatang menampilkan beberapa jenis kopi di daerah ini seperti Robusta dengan mutu dan grade terbaik serta jenis Arabica yang berasal dari perkebunanan Kopi Bantaeng.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (TKP) Bantaeng, Andi Irvan Langgara, S.STp, MSi, menyebutkan festival yang akan digelar tersebut nantinya dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi Bantaeng.

“Kami juga berharap pada festival nanti dapat mendatangkan sejumlah pakar kesehatan kopi yang akan mengedukasi konsumen tentang manfaat kopi lewat kegiatan seminar,” papar Andi Irvan, usai membuka Pelatihan calon Barista Kopi di Sentra Kopi Banyorang Kabupaten Bantaeng, Kamis (26/11/2020).

Diharapkan lewat seminar yang merupakan rangkaian dari Festival Kopi Bantaeng, dapat memutus mitos yang tidak benar mengenai bahaya konsumsi kopi.

Dengan begitu, kata dia, dapat meningkatkan konsumen kopi yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

Kepala Dinas TKP Bantaeng menambahkan, gelaran Bantaeng Coffee Festival akan meningkatkan konsumsi kopi, mengedukasi konsumen akan kelebihan dan keunggulan kopi Bantaeng.

“Kita akan memperkenalkan kopi Bantaeng yang beragam dan memiliki cita rasa khas dan tidak kalah dengan kopi dari daerah lain yang lebih dulu terkenal,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Forum Industri Kecil dan Menengah (IKM) Jawa Timur,  Muhammad Oskar SE, yang hadir secara khusus atas undangan Dinas TKP menyampaikan, siap membantu mengarahkan pengembangan Kopi Bantaeng.

Hanya saja, lanjutnya, produk kopi Bantaeng memang masih perlu diolah secara profesional guna menghasilkan kopi yang berkualitas dan memiliki cita rasa khas.

“Tentunya semua ini bisa kita lakukan jika semua pihak dapat mendukung dan bersinergi, termasuk insan Pers untuk bisa memblow-up informasi terkait perkembangan dan kemajuan Kopi Bantaeng,” ujarnya. (alb/asa)