Gandeng Dinkes-DPPKB Bantaeng, Satgas TMMD Laksanakan Penyuluhan Kesehatan dan KB

187 views

Kabarnuansa.id, Bantaeng – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020 Kodim 1410/Bantaeng Sulawesi Selatan, menggelar penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dan keluarga berencana (KB), Rabu (8/7/2020).

Pada pelaksanaan hari ke 9 ini, TMMD menggandeng Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bantaeng yang diselenggarkan di Desa Labbo Kecamatan Tompobulu.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan cara door to door menyasar sebanyak 10 KK. Tim kesehatan melakukan kunjungan rumah dengan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis sekaligus mengimbau warga terkait Covid-19.

Warga diminta untuk selalu melaksanakan anjuran pemerintah guna menghindari atau memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Caranya, sedapat mungkin lakukan jaga jarak, cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand synitizer dan memakai masker bila berkegiatan atau keluar rumah.

Kegiatan tersebut dihadiri Pasi Ter Kodim 1410/Btg Kapten Cpl Ansar Ds, Letda Inf Syamsuddin, Kepala Puakesmas Tompobulu dr. Annisa pirayanti M.Kes, Kepala Bidang KB DPPKB Bantaeng Ridwan S.Sos, M.Si dan para tenaga medis Puskesmas dan pegawai DPPKB Bantaeng.


Berbagai kegiatan dilakukan dalam sosialisasi tersebut seperti pemeriksaan tekanan darah, serta menayakan keluhan kesehatan yang dirasakan warga. Sedangkan pihak DPPKB mensosialisasikan jenis-jenis KB, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Termasuk mencari Akseptor atau perempuan berkeluarga yang mau di pasangi KB implang.

Sementara Tim Satgas TMMD secara masif mensosialisasikan tentang protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid 19.

Pasi Ter Kodim Kapten Cpl Ansar Ds, mengungkapkan, penyuluhan kesehatan dan KB ini merupakan pelaksanaan hari ke 2 Program Non fisik Pelaksanaan TMMD ke 108 di Desa Labbo. Untuk hari pertama tim menyasar 55 rumah warga. Begitu pula hari kedua, juga menyasar 55 Rumah di Desa Labbo.

“Penyuluhan kesehatan dan KB kepada masyarakat, dilaksanakan berkaitan dengan pentingnya menjaga kondisi kesehatan dimasa pandemi covid-19. Warga diminta menyampaikan keluhan masalah kesehatan yang dialami agar dapat dideteksi sejak dini,” jelas Kapten Ansar.

Disebutkan, kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan TMMD ke 108 ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan DPPKB Bantaeng.

“Program yang dilaksanakan ini tak lain merupakan bentuk kepedulian Satgas TMMD yang tak hanya membangun sarana fisik, namun juga peduli terhadap kesehatan masyarakat, apalagi dimasa pandemi covid-19,” pungkasnya. (alb/asa)