Berpotensi Jadi Epicentrum, Jumlah Positif Covid-19 Lutim Tembus 154 Orang

217 views

Kabarnuansa.id, Lutim – Mengacu pada grafik peningkatan jumlah warga yang positif covid-19, Kabupaten Luwu Timur berpotensi menjadi epicentrum baru penyebaran wabah Covid-19 khususnya dibeberapa kecamatan di daerah ini.

Hal itu menyusul adanya update terbaru jumlah warga yang positif tertular virus Corona yang telah menembus angka 154 orang pada Selasa (26/5/2020) atau ada penambahan 30 kasus dari sebelumnya 124 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kab. Luwu Timur, Masdin mengatakan, ada penambahan kasus baru positif Covid-19 perhari ini berdasarkan data yang dihimpun Pemda Lutim hingga pukul 17.00 Wita, yakni sejumlah 30 kasus baru Covid-19.

Masdin, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Luwu Timur.

“Jadi secara akumulatif ada 154 kasus positif Covid-19 di Luwu Timur sampai saat ini, dan semuanya dari hasil uji laboratorium BBLK dan RS Wahidin Makassar,” kata Masdin yang juga Kepala Dinas Infokom Lutim.

Dikatakan, berdasarkan data yang diterima Tim GTPP, kasus baru pasien positif Covid-19 tersebar di 7 Kecamatan. Penambahan kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Wotu sebanyak 15 orang dan disusul beberapa kecamatan lain di daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini.

“Namun ada kabar baik yang juga perlu mendapat dukungan yakni terdapat 1 pasien covid-19 dari Kecamatan Towuti bernama Frengky (35) dinyatakan sembuh dari covid-19 setelah dirawat selama 26 hari di Enggano Sorowako,” jelas Masdin.

Dari sejumlah kecamatan di Lutim, tampaknya ada 3 kecamatan yang tertinggi dan meningkat jumlah kasus terkonfirmasi positif yakni Kecamatan Nuha, Towuti dan Kecamatan Wotu.

Peningkatan jumlah kasus positif membuat ketiga wilayah tersebut berpotensi menjadi epicentrum penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Luwu Timur.

Grafik peningkatan kasus positif di 3 Kecamatan tersebut setelah Intensifnya rapid test yang dilakukan di Kabupaten Luwu Timur, secara keseluruhan telah mencapai angka 17.057 orang. (mal/asa)