Promkes Tim Gugus Tugas Covid-19 Bantaeng Sasar Pasar Tradisional

110 views

Kabarnuansa.id, Bantaeng – Seksi Promosi Kesehatan ( Promkes) Dinas Kesehatan yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Bantaeng menyasar sejumlah pasar tradisional di daerah ini. Tujuannya, mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama melawan dan memutus mata rantai virus Corona.

Beberapa pasar tradisional tersebut seperti, Pasar Lambocca, Pasar Bonto Bontoa Banyorang, Pasar Parang Pa’bentengan, Pasar Loka Bt. Marannu, Pasar Jannayya Ulugalung dan Pasar Panaikang Campagaloe.

Kegiatan ini didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Perindag, Pemerintah Setempat dan anggota Pramuka Saka Bakti Husada.

Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Bantaeng St Nahajerah SKM mengatakan, kegiatan ini dilakukan selama sepekan bersama Tim Gugus Tugas dengan menggeebek pasar. Tujuannya mengedukasi dan komunikasi serta Informasi terkait bagaimana cata melindungi diri dengan benar dalam melawan Covid-19.

Petugas Promkes Gugus Tugas Covid-19 Bantaeng saat mengedukasi masyarakat di Pasar Loka.

“Masyarakat diberikan pemahaman perlunya penggunaan masker saat keluar rumah, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Tidak berjabat tangan, Jaga Jarak saat berada di kerumunan orang, dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” terangnya, Kamis (7/5/2020).

Diharapkan, lewat kegiatan ini masyarakat paham dan pentingnya melakukan kebiasaan seperti anjuran pemerintah. Ini sebagai keharusan yang mesti dilakukan selama pandemi covid-19 dan kemungkinan berlanjut seterusnya.

“Ini juga bertujuan untuk melindungi masyarakat dari segala macam penyakit infeksi yang penularannya melalui udara dapat berkurang atau teratasi,” ujar St Nahajerah.

Nahajerah menambahkan, dengan semangat tim Promkes melaksanakan KIE patut diberikan apresiasi. Karena selama sepekan telah mengedukasi masyarakat dan mengunjungi sejumlah pasar tradisional

“Kami berharap lewat gerakan dan upaya yang kami lakukan, masyarakat lebih memahami bagaimana melakukan pencegahan dalam memutus mata rantai penyebaran Coronavirus khususnya di Bantaeng,” harap mentor promkes ini. (alb/aw1)